Jasaview.id

Penyelidikan Baru Ke Dalam Sejarah Asalnya

BUKU : ASAL USUL ISLAM YANG TERSELUBUNG - WAWANCARA DENGAN KARL-HEINZ OHLIG



Dalam bukunya "The Hidden Origins of Islam: New Research into Its Early History" (Asal-Usul Islam yang Terselubung: Penyelidikan Baru ke dalam Sejarah Asalnya), ahli teologi Karl-Heinz Ohlig telah sampai pada kesimpulan bahwa Islam awalnya bukanlah agama tersendiri. Alfred Hackensberger mewawancarai sang penulis, Karl-Heinz Ohlig.

Buku anda berjudul "The Hidden Origins." Apa yang terselubung wacana asal-usul Islam?

Semua informasi yang kita miliki wacana asal-undangan Islam didapat dari literatur yang dibentuk di saat-ketika terkemudian - "biografi-biografi" Nabi ditulis di masa 9 dan 10 M. Salah satu teks ini, yaitu Annals of at-Tabari (10 M), merupakan sumber sejarah Islam yang jauh dari peristiwa yang dikisahkan. Dengan begitu, kita tidak memiliki teks-teks menguatkan ihwal Islam dan Muhammad pada dua kala pertamanya.

Dapatkah dokumen-dokumen yang dibentuk di kala-kurun lalu ini dianggap akurat ? Dari sudut pandang pengamat ilmiah, tidak mungkinkah terjadi pemalsuan-pemalsuan?

Menggolongkan tulisan-tulisan ini, atau serupa dengan kitab Musa atau kisah Romulus dan Remus, sebagai pemalsuan jelas merupakan hal yang keliru, sebab kita perlu melihatnya sebagai bentuk literatur khusus yang tertentu. Dongeng-kisah yang menurut agama dan politik bukanlah laporan sejarah dan memang tidak ditulis sebagai laporan sejarah.

Anda menyatakan dalam laporanmu bahwa Islam tidak dianggap sebagai agama tersendiri. Apakah bukti yang kau miliki?

Menurut bukti literatur Kristen di bawah kekuasaan Arab di kala ke-7 dan 8 Masehi, juga keping uang logam dan goresan pena Arab di waktu ini, mirip yang terdapat di mesjid Dome of Rock di Yerusalem, penguasa-penguasa baru menentukan jenis Katolik Syria-Persia yang menolak keputusan Konsul Nicaea. Jenis Katolik ini menganggap Yesus sebagai Nabi, pelayan Tuhan, tapi bukan putra Tuhan secara fisik, dan merupakan sosok mampu berdiri diatas kaki sendiri yang tidak "bergabung" dengan sosok apapun. Bapak-bapak Gereja, mirip contohnya Uskup Yohanes dari Damaskus (sekitar 750 M) menganggap jenis kekristenan ini sebagai bid'ah (sesat), karena pengertiannya akan kekristenan berbeda dengan Nasrani Ortodox dan Katolik. Tiada pemberitaan apapun ihwal agama gres yang independen di Arab sebelum masa ke 9 M.

Apakah ini berarti agama Islam dibuat sebagai agama tersendiri, terpisah dari kekristenan, di waktu-waktu berikutnya?

Pembentukan Islam sebagai agama mandiri tampaknya merupakan keputusan pribadi atau mirip keputusan menurut pertimbangan keadaan. Ini seperti kasus di mana agama-agama baru seringkali muncul melalui konsep-konsep agama yang terdahulu. Konsep-konsep ini kemudian ditafsirkan dengan cara yang berbeda, diubah bentuk, dan diatur lagi dengan cara yang spesifik.

Anda juga telah mengadakan riset sejarah kritis dengan menaruh hormat pada Nabi Muhammad. Apa yang bisa kau katakan tentang orang ini?

Sudah terbukti bahwa uang logam terawal dengan motto MHMT muncul di Mesopotamia timur di sekitar tahun 660 M, dan kemudian menyebar ke barat, dan uang-uang logam dua bahasa dicap dengan huruf MHMT di tengah dan kata Muhammad dalam goresan pena Arab di bagian pinggir. Uang-uang logam ini mengandung simbol-simbol Nasrani, contohnya selalu lambang salib, sehingga nama Muhammad sudah terang dimengerti sebagai predikat Yesus, sama seperti Sanctus of the mass (kebanggaan bagi Dia yang datang).

Di sini, Muhammad berarti "dimuliakan" dan "terpujilah" atau "beliau yang dimuliakan" dan "dia yang terpuji". Tulisan ini juga sama dengan goresan pena yang terdapat di mesjid Dome of the Rock di Yerusalem, di mana gelar Muhammad diartikan sebagai Messiah, Yesus, putra Maryam, dan pelayan Tuhan. Hal ini cocok dengan polemik Uskup Yohanes dari Damaskus yang menentang pernyataan-pernyataan mirip itu yang dianggapnya sebagai bid'ah (sesat).

Setelah itu, sepertinya predikat kekristenan ini lalu hilang sedemikian rupa sehingga di Qur'an muncul Nabi tanpa nama yang lalu dikenal sebagai Nabi Arab. Sumber-sumber paling dini dari sejarah ini ditemukan dalam tulisan-tulisan Yohanes dari Damaskus, yang menyebut tentang Nabi Palsu berjulukan Mamed. Hanya di waktu lalu saja mulai ada catatan sejarah ihwal Muhammad.

Kaprikornus apakah anda mengatakan bahwa istilah Muhammad itu kemungkinan berkenaan dengan Kristus?

Sangat memungkinkan benar – bahkan jikalau dulu tidak ada bukti mengarah ke situ (tapi sekarang ada) - bahwa ada seorang pengkhotbah penting dalam sejarah awal atau dikala tertentu pembentukan Qur'an. Akan tetapi, menurut bukti uang-uang logam Arab dan goresan pena di mesjid Dome of Rock, sudah jelas bahwa istilah Muhammad berarti yang disebut atau yang terpuji, asalnya ialah gelar kehormatan kekristenan.

Mengapa kekerabatan mirip ini tidak pernah disebut sebelumnya?

Penyelidikan mirip ini dilarang dalam theologia Muslim, yang memang belum memasuki zaman pencerahannya. Studi-studi Islam oleh Sarjana Barat masih dalam lingkung filologi saja (penyelidikan ihwal bahasa dan literatur) tanpa mengikut sertakan metoda-metoda sejarah ilmiah. Hal yang sama, hanya ada sedikit sekali penelitian sejarah theologikal Nasrani dalam tradisi budaya Timur Tengah yang sangat beragam. Karena akar-akar dan motivasi-motivasi tradisi ini tidak dikenali.

Dalam buku anda "Early Islam" (Islam Awal), anda menulis bahwa anda tidak bermaksud untuk melukai Islam. Banyak Muslim tentunya akan tersinggung dengan karya tulisan anda.

Sejak periode ke-18 M, banyak orang-orang Kristen, juga sampai pada hari ini, menganggap bahwa era Pencerahan sebagai serangan atau usaha menghancurkan agama mereka. Tapi pada kenyataannya, abad Pencerahan justru memberi kesempatan pada agama Katolik untuk bertahan dalam dunia modern dan juga sesuai dengan kehidupan masyarakat modern. Ini ialah fase yang Islam juga harus lewati, tapi hal ini memang tidak mampu dihindari jika Islam masih ingin tetap ada di periode depan, atau hanya ingin ada di masyarakat tertutup saja seperti di ghetto.

Diterjemahkan dari: 
http://en.qantara.de/Muhammad-as-a-Christological-Honorific-Title/8052c8121i1p164/index.html

Posting Komentar

0 Komentar