Jasaview.id

Geger Istana Presiden-Kongres Brasil Diserbu Ribuan Demonstran, Mengapa?


Jakarta -

Presiden Brasil, Luiz Incio Lula da Silva, bertekad menghukum ribuan penunjang mantan pemimpin negara itu, Jair Bolsonaro, sehabis mereka menyerbu gedung Kongres, Mahkamah Agung, dan Istana Kepresidenan.

Kepolisian Brasil sudah menggantikan kontrol atas gedung-gedung utama di ibu kota Brasilia itu sehabis bentrokan beberapa jam pada Minggu (08/01).

Menteri Kehakiman, Flavio Dino, menyampaikan terhadap media setempat bahwa sekitar 200 orang sudah ditangkap.

Rentetan peristiwa dramatis - yang memperlihatkan ribuan pengunjuk rasa menyerbu jantung pemerintahan Brasil sembari mengenakan kaos sepak bola khas kuning-biru - terjadi cuma sepekan sehabis pelantikan Lula.

Lula menyampaikan "tidak ada preseden dalam sejarah negara kita" mengenai penyerbuan di Brasilia. Dia menyebut agresi kekerasan selaku "tindakan pengacau dan fasis".

Lula juga membidik pasukan keselamatan yang beliau tuduh "tidak kompeten, itikad buruk atau jahat" dalam kegagalan menghentikan serbuan para demonstran ke gedung Kongres, Mahkamah Agung, dan Istana Kepresidenan.

"Anda akan menyaksikan dalam foto-foto bahwa mereka [petugas polisi] sedang memandu orang-orang dalam perjalanan ke Praca dos Tres Powers," katanya.

"Kami akan mencari tahu siapa pemodal para pengacau yang pergi ke Brasilia ini dan mereka semua akan mengeluarkan duit dengan kekuatan hukum."

Baca juga:

Video yang dibagikan media Brasil, O Globo, memperlihatkan beberapa petugas keselamatan tertawa dan berfoto bareng dengan para demonstran di saat mereka menduduki gedung Kongres.

Para demonstran dengan segera membela langkah-langkah mereka di saat didekati oleh wartawan.

Lima, seorang insinyur berusia 27 tahun, berkata: "Kita perlu menegakkan kembali ketertiban sehabis penyeleksian yang curang ini."

"Saya di sini untuk sejarah, untuk putri saya," katanya terhadap kantor gunjingan AFP.

Tetapi warga yang lain di ibu kota mengungkapkan kemarahan atas kekerasan tersebut dan menyampaikan serangan itu menandai hari yang mengenaskan bagi negara.

"Saya menentukan Bolsanaro namun saya tidak baiklah dengan apa yang mereka lakukan," kata Daniel Lacerda, 21, terhadap BBC.

"Jika Anda tidak baiklah dengan presiden, Anda mesti mengatakannya dan melanjutkan. Anda dihentikan mengadakan protes dan menjalankan semua kekerasan menyerupai yang mereka lakukan."

Banyak kelompok yang membandingkan peristiwa ini dengan penyerbuan Capitol di Washington DC pada 6 Januari 2021 oleh penunjang Donald Trump, sekutu Bolsonaro.

Jair Bolsonaro sudah beberapa kali menolak untuk menemukan bahwa beliau kalah dalam penyeleksian presiden pada Oktober 2022. Pekan lalu, beliau meninggalkan negara itu alih-alih mengambil cuilan dalam upacara pelantikan Lula selaku presiden Brasil.

Lebih dari enam jam sehabis gedung Kongres, Mahkamah Agung, dan Istana Kepresidenan di Brasilia disebut, lelaki berusia 67 tahun tersebut merilis cuitan yang mengutuk serangan itu sekaligus membantah bertanggung jawab mendorong para pengunjuk rasa.

"Demonstrasi damai, dalam bentuk undang-undang, yakni cuilan dari demokrasi," sebutnya, kemudian mengutuk "penyerbuan gedung-gedung publik menyerupai yang terjadi hari ini".

Para pemimpin dunia mengutuk penyerbuan Kongres Brasil serta memperlihatkan peran serta untuk Presiden negara itu, Luiz Incio Lula da Silva.

Presiden AS Joe Biden menggambarkan suasana itu selaku "keterlaluan".

Presiden Meksiko Andres Manuel Lpez Obrador mencuit: "Lula tidak sendirian, beliau memperoleh peran serta dari kekuatan progresif negaranya, Meksiko, benua Amerika dan dunia.

Pemimpin Venezuela Nicolas Maduro menggambarkan para pengunjuk rasa selaku "kelompok neofasis" yang berupaya untuk menggulingkan Lula.

Presiden Argentina Alberto Fernandez mengutuk "upaya kudeta".

Lepas dari rangkaian kecaman itu, pertanyaan besarnya belum terjawab. Mengapa ini terjadi?

Brasil menggelar penyeleksian presiden yang berjalan pahit

Pemilihan presiden pada Oktober 2022 mempertemukan petahana sayap kanan, Jair Bolsonaro, dengan rivalnya dari sayap kiri, Luiz Incio Lula da Silva atau dekat disebut Lula.

Setelah lewat masa kampanye yang sengit dan pahit, Lula, yang pernah menjadi presiden antara Januari 2003 dan Desember 2010, mengalahkan Bolsonaro dengan selisih tipis dalam putaran kedua pada 30 Oktober.

Lula menyampaikan penyerbuan di Brasilia "tanpa preseden" dan melabeli mereka yang berada di baliknya "fasis fanatik".

Dia juga menuduh Bolsonaro mendorong agresi para perusuh lewat media sosial. "Semua orang tahu ada banyak sekali pidato mantan presiden yang mendorong ini," katanya.

Sejumlah demonstran terluka sehabis abdnegara keselamatan Brasil berupaya menggantikan kontrol gedung Kongres di Brasilia, pada 8 Januari 2023.EPASejumlah demonstran terluka sehabis abdnegara keselamatan Brasil berupaya menggantikan kontrol gedung Kongres di Brasilia, pada 8 Januari 2023.

Brasil sudah terpecah belah

Brasil yakni negara yang sungguh terpecah belah dan penyerbuan gedung Kongres yakni tanda seberapa jauh sejumlah warga Brasil bersedia menyerang institusi demokrasi yang menurut mereka tidak lagi mewakili mereka.

Ini bukan cuma mengenai kiri versus kanan, namun mengenai mereka yang menolak menemukan penyeleksian demokratis di saat jadinya berlainan dengan kesempatan mereka. Itu sebabnya mereka melampiaskan kemarahan pada simbol-simbol demokrasi Brasil.

Mereka yang ambil cuilan dalam kerusuhan berada di ujung spektrum yang ekstrem. Namun masih banyak lagi penentang Lula yang membuatkan keterangan imitasi mengenai beliau dan dengan demikian memanas-manasi peristiwa penyerbuan itu.

Banyak penunjang Bolsonaro menolak menemukan kekalahannya

Banyak penunjang Jair Bolsonaro menyaksikan beliau selaku "penyelamat" yang dipandang membela nilai-nilai yang mereka junjung tinggi, yakni "Tuhan, tanah air, keluarga".

Seorang penunjang Bolsonaro berdoa dalam demonstrasi di kompleks pemerintahan Ibu Kota Brasilia, 8 Januari 2023.

Seorang penunjang Bolsonaro berdoa dalam demonstrasi di kompleks pemerintahan Ibu Kota Brasilia, 8 Januari 2023. (Reuters)

Mereka meletakkan impian pada Bolsonaro selaku orang yang mau mengalahkan Lula, yang mereka anggap selaku bahaya terhadap nilai-nilai itu. Mereka meyakini desas-desus imitasi bahwa calon sayap kiri itu akan menutup gereja sehabis terpilih selaku presiden.

Orang-orang macam ini sudah diyakinkan bahwa Lula akan kalah dan mereka tidak menemukan kemenangannya.

Beberapa berkemah di depan barak militer memohon militer untuk menghentikannya menjadi presiden, bahkan jikalau itu memiliki arti perebutan kekuasaan militer.

Akan tetapi, militer tidak beraksi dan Lula tetap dilantik selaku presiden Brasil.

Lula pindah ke Istana Presiden, sejumlah penunjang Bolsonaro murka

Kerusuhan di ibu kota, Brasilia, terjadi cuma sepekan sehabis Lula dilantik.

Jair Bolsonaro menolak menghadiri upacara pelantikan Luiz Inacio Lula da Silva selaku  presiden Brasil, pada 1 Januari 2023.

Jair Bolsonaro menolak menghadiri upacara pelantikan Luiz Inacio Lula da Silva selaku presiden Brasil, pada 1 Januari 2023. (Reuters)

Bolsonaro, yang menolak mengakui kekalahan, tidak menghadiri upacara tersebut, namun bertolak ke Amerika Serikat.

Kemarahan orang-orang yang meletakkan semua impian pada Bolsonaro kian meningkat.

Melihat Lula dilantik dan pindah ke Istana Kepresidenan terlalu berlebihan bagi mereka yang secara berkala melabelinya selaku "ancaman komunis bagi Brasil".

Merasa dikecewakan oleh militer, mereka menegaskan untuk bertindak dengan menyerang institusi yang mereka rasa tidak mewakili mereka, namun juga ialah bahaya eksklusif terhadap apa yang mereka sayangi.

Ekstremisme and disinformasi sudah menggurita

Retorika memecah belah ala Jair Bolsonaro dan sorotannya terhadap validitas metode pemilu Brasil sebagian besar berkontribusi pada kemarahan pengunjuk rasa di Brasilia pada hari Minggu.

Menjelang pemilu, beliau beberapa kali mengklaim bahwa metode pemungutan bunyi elektronik Brasil rentan terhadap penipuan - klaim yang ditolak oleh Komisi Pemilihan Umum.

Namun banyak orang Brasil yang percaya bahwa penyeleksian itu "dicuri" walaupun somasi yang diajukan oleh partai Bolsonaro ditolak oleh Mahkamah Pemilu.

Menyusul kerusuhan tersebut, Jair Bolsonaro menumpahkan pernyataannya ke Twitter untuk menolak tuduhan Lula bahwa beliau sudah menyodorkan beberapa pidato yang mendorong kerusuhan di Brasilia.

Dia menyampaikan bahwa "penjarahan dan penyerbuan gedung-gedung publik menyerupai yang terjadi hari ini" yakni di luar hukum.

Tetapi ekstremisme orang-orang yang menyerbu lembaga-lembaga demokrasi negara sudah menggurita sehingga sukar dikendalikan.

Simak Video 'Istana Kepresidenan Brasil Diserbu Pendukung Bolsonaro!':

[Gambas:Video 20detik]



Posting Komentar

0 Komentar